Jumat, 06 Januari 2012

Pengaruh Handphone di kalangan Masyarakat



Zaman modernisasi kaya gini membuat kita ketergantungan dengan teknologi,contohnya hp. Kebanyakan dari kalian ga bisa lepas dari hp, ya kan? dan hp di kalangan anak muda ataupun pelajar sudah banyak yang dialihkan fungsinya.. apalagi harga hp sangat beraneka ragam dan cukup terjangkau bagi kalangan masyarakat. Tapi kita harus mengetahui apa itu hp. Hp kepanjangan dari Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel. Handphone merupakan sebuah benda yang praktis yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan orang lain. tahukah kalian Hp memiliki dampak positif dan negatif. Berikut dampak positif dan negatifnya :
1.     Dampak positifnya antara lain :
  • Dapat mengirim pesan tanpa menggunakan jasa kantor pos dan tidak memandang jarak orang yang kita kirimi surat atau pesan.
  • Dapat berkomunikasi atau berbincang-bincang dengan teman,saudara maupun pacar kita tanpa harus datang ke rumah orang yang kita mau di ajak bicara dan tidak memandang jarak.
  • Dan karena ada jasa internet di Hp kita bisa cari informasi dan berita.

2.    Dampak negatinya antara lain:
  • Membuat kita jadi malas belajar karena jadi suka sms-an
  • Kita jadi lupa waktu karena seringnya kita sms-an
  • Kita jadi lupa sholat dan bahkan lupa makan serta mandi
  • Rawan terhadap tindak kejahatan
  • Bisa menyebabkan kecelakaaan lalu lintas apabila menggunakan handphone pada saat berkendara   
  • Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku karena HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya
  • Pemborosan karena dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan ponsel tersebut??? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindarinya :
·         Batasi penggunaan hp, gunakan hp hanya pada saat dibutuhkan saja
·         Simpan hp dalam tempat yang benar
·         Atur  besarnya pulsa yang harus dikeluarkan perbulan
·         Bagi orangtua, awasi anak-anaknya dengan mengontrol isi hp anaknya
-

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hi, cool post. I have been thinking about this topic,so thanks for sharing. I will probably be subscribing to your blog. Keep up great writing!!!
    Ferrari GT4 AC Compressor

    BalasHapus