Sabtu, 07 Januari 2012

DBMS (Database Management System)



Apa cie Database Management System (DBMS) itu??? Apakah kalian tahu??? Kalau belum tahu disini saya akan menjelaskan apa itu DBMS (Database Management System). Database Management System (DBMS) adalah merupakan suatu sistem software yang memungkinkan seorang user dapat mendefinisikan, membuat, dan memelihara serta menyediakan akses terkontrol terhadap data.  Macam – macam jenis DBMS yaitu acces, excel, dBase, Oracle, db2,dll. Berikut macam-macam DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :

1.  MySQL
MySQL merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (bahasa inggris : data management system) atau DNMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licenci (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL . MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : david axmark, allan larsson, dan Michael “monthy widenius.
Kelebihan MySQL antara lain free (bebas didownload), stabil dan tangguh, fleksibel dengan berbagai pemrograman, security yang baik, dukungan dari banyak komunitas, kemudahan management database, mendukung transaksi, perkembangan software yang cukup cepat.
Kekurangan MySQL antara lain data yang bertambah ukurannya akan mengalami kelambatan proses, jadi harus ada database menagement, dan dari sisi security , atau keamanan, yang agak terlalu sederhana bagi sebuah SQL Engine , meskipun tidak sesederhana SQLite yang juga datang dari dunia Open Source dan cukup digemari para Web Developer .

2.  Oracle
Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.
Kelebihan Oracle Server yaitu mempunyai kemampuan Fleksibilitas, Skalabilitas, menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar), menangani manajemen space dan basis data yang besar, mendukung akses data secara simultan, performansi pemrosesan transaksi yang tinggi, menjamin ketersediaan yang terkontrol, lingkungan yang terreplikasi
Kekurangan Oracle Serrver yaitu paling rumit dan paling mahal di dunia, terlalu sulit untuk digunakan, terlalu lambat, dan bahkan Oracle dijuluki dengan istilah “ora kelar-kelar” yang berarti “tidak selesai-selesai” dalam bahasa Jawa.
Oracle merupakan DBMS yang dirancang khusus untuk organisasi berukuran besar, bukan untuk ukuran kecil dan menengah. Kebutuhan organisasi berukuran besar tidaklah sama dengan organisasi yang kecil atau menengah yang tidak akan berkembang menjadi besar. Organisasi yang berukuran besar membutuhkan fleksibilitas dan skalabilitas agar dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus menerus bertambah besar.

3.  Microsoft Access
Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional ( RDBMS / Relational Database Management System ) yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsoft Access merupakan anggota dari Microsoft Office.
Kelebihan Microsoft Access antara lain mengembangkan aplikasi secara cepat khususnya untuk pembuatan program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman, kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language ( SQL ).
Bahasa Pemrograman yang digunakan di dalam Microsoft Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications ( VBA ).
Kekurangan Microsoft Access antara lain tidak begitu bagus jika diakses melalui jaringan maka banyak pengguna Microsoft Access menggunakan solusi system manajemen basis data yang bersifat klien / server.
Microsoft Access digunakan oleh kalangan pembisnis kecil dan menengah. Selain itu Microsoft Access juga digunakan oleh para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Microsoft Access juga dapat digunakan sebagai basis data untuk aplikasi web.

4.  DB2
DB2 merupakan RDBMS (Relational Database Management System ) yang memungkinkan user menggunakan perintah-perintah SQL terhadap basis data relasional dan DB2 digunakan oleh kalangan pembisnis kecil dan menengah.
Keunggulan DB2 antara lain dapat dijalankan pada bermacam – macam plattfrom, menunjang client/server platform, aplikasi multimedia, object oriented, dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis berskala kecil maupun besar, memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam – macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.
Kekurangan DB2 antara lain Platform specified, tidak bisa download langsung dari IBM, speednya masih kalah dengan MySQL dan Oracle.

1 komentar: