Kriteria Pengukuran Keberhasilan
Pembangunan Ekonomi
Disusun Oleh :
Kelas : 1 EB 22
·
Harmbati 2A213213
·
Indah Nurlestari 2A213365
·
Melani Oktafiarni 2A213212
·
Metta Ratna Dewi 2A213214
·
Silvia Oktaviani 2A213215
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Selama ini banyak negara sedang berkembang telah berhasil menunjukkan laju
pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, tetapi masih banyak permasalahan
pembangunan yang belum terpecahkan, seperti tingkat pengganguran tetap tinggi,
pembagian pendapatan tambah tidak merata, masih banyak terdapat kemiskinan
absolut, tingkat pendidikan rata-rata masih rendah, pelayanan kesehatan
masih kurang, dan sekelompok kecil penduduk yang sangat kaya cenderung semakin
kaya sedangkan sebagian besar penduduk tetap saja bergelut dengan kemiskinan.
Keadaan ini memprihatinkan, banyak ahli ekonomi pembangunan yang mulai
mempertanyakan arti dari pembangunan.
Mengingat konsep pertumbuhan ekonomi sebagai tolok ukur penilaian
pertumbuhan ekonomi nasional sudah terlanjur diyakini serta diterapkan secara
luas, maka kita tidak boleh ketinggalan dan mau tidak mau juga harus berusaha
mempelajari hakekat dan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi tersebut. Pertumbuhan
ekonomi tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan.
Sedangkan pembangunan ekonomi ialah usaha meningkatkan pendapatan per kapita
dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil melalui
penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan
ketrampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen. Untuk mengukur
keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara harus mempunyai beberapa kriteria
yaitu, Pendapatan per kapita, Pendapatan Nasional, Distribusi Pendapatan,
Peranan Sektor Industri dan Jasa, Kesempatan Kerja, Stabilitas Ekonomi, dan
Neraca Pembayaran Luar Negeri harus bagus dan baik guna kesejahteraan
masyarakat.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Bagaimana pendapatan perkapita dan pendapatan
nasional di Indonesia dari tahun 2010 s/d 2013 dari Badan Pusat Statistik?
2.
Bagaimana peranan sektor industri dan
jasa dalam keberhasilan pembangunan ekonomi?
3.
Bagaimana laju inflasi dalam
keberhasilan pembangunan ekonomi?
4.
Bagaimana suku bunga dalam keberhasilan
pembangunan ekonomi?
5.
Bagaimana kesempatan kerja di Indonesia dalam
keberhasilan pembangunan ekonomi?
1.3 Tujuan
1.
Mengetahui pendapatan perkapita dan
pendapatan nasional di Indonesia dari tahu 2010 s/d 2013
2.
Mengetahui peranan sektor industri dan
jasa dalam keberhasilan pembangunan ekonomi
3.
Mengetahui laju inflasi dalam keberhasilan
pembangunan ekonomi?
4.
Mengetahui suku bunga dalam keberhasilan
pembangunan ekonomi?
5.
Mengetahui kesempatan kerja di Indonesia
dalam keberhasilan pembangunan ekonomi?
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pendapatan
Perkapita dan Pendapatan Nasional di Indonesia tahun 2010 s/d 2013 dari Badan
Pusat statistik
Dalam ilmu ekonomi pendapatan nasional merupakan
konsep yang menarik untuk dipelajari. Setiap kegiatan ekonomi dalam suatu negara pasti berkaitan
pendapatan nasional. Tingkat perkembangan ekonomi suatu negara juga dapat dilihat dari
pendapatan nasionalnya. Usaha-usaha pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh
setiap negara pasti diarahkan untuk meningkatkan dan menstabilkan pendapatan
nasional. Pendapatan nasional adalah jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan
oleh
suatu perekonomian dalam periode tertentu yang dihitung berdasarkan nilai pasar. Sedangkan pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk, oleh sebab itu untuk memperoleh pendapatan perkapita pada suatu tahun, yang harus dilakukan adalah membagi pendapatan nasional pada tahun itu dengan jumlah penduduk pada tahun yang sama. Pendapatan perkapita juga sering digunakan sebagai indikator pembangunan suatu negara untuk membedakan tingkat kemajuan ekonomi antara negara-negara maju dengan negara sedang berkembang. Dengan kata lain selain pendapatan per kapita bisa memberikan gambaran tentang laju pertumbuhan kesejahteraan masyarakat di berbagai negara juga dapat menggambarkan perubahan corak perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat yang sudah terjadi diantara berbagai negara.
suatu perekonomian dalam periode tertentu yang dihitung berdasarkan nilai pasar. Sedangkan pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk, oleh sebab itu untuk memperoleh pendapatan perkapita pada suatu tahun, yang harus dilakukan adalah membagi pendapatan nasional pada tahun itu dengan jumlah penduduk pada tahun yang sama. Pendapatan perkapita juga sering digunakan sebagai indikator pembangunan suatu negara untuk membedakan tingkat kemajuan ekonomi antara negara-negara maju dengan negara sedang berkembang. Dengan kata lain selain pendapatan per kapita bisa memberikan gambaran tentang laju pertumbuhan kesejahteraan masyarakat di berbagai negara juga dapat menggambarkan perubahan corak perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat yang sudah terjadi diantara berbagai negara.
Pengeluaran Produk Domestik Bruto Triwulanan
Atas Dasar Harga Berlaku Tahun 2010-2013 (Miliar Rupiah)
|
|||||||
Jenis Pengeluaran
|
2013***
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1
|
Pengeluaran Konsumsi Rumahtangga
|
1195106,60
|
1227187,99
|
1314172,70
|
1334627,12
|
5071094,41
|
|
a. Makanan
|
573453,80
|
588101,59
|
625968,00
|
635103,89
|
2422627,28
|
||
b. Bukan Makanan
|
621652,80
|
639086,40
|
688204,70
|
699523,23
|
2648467,13
|
||
2
|
Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (a+b-c)
|
146528,44
|
191273,49
|
217307,64
|
272133,18
|
827242,76
|
|
a. Belanja Barang
|
46513,16
|
82506,69
|
93231,64
|
152276,94
|
374528,43
|
||
b. Belanja Pegawai + Penyusutan (NTB)
|
114561,39
|
128657,64
|
148126,66
|
149845,57
|
541191,27
|
||
c. Penerimaan Barang dan Jasa
|
14546,11
|
19890,84
|
24050,66
|
29989,33
|
88476,95
|
||
3
|
Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto
|
669758,96
|
705661,41
|
732368,26
|
768464,53
|
2876253,15
|
|
a. Bangunan
|
569721,33
|
596349,76
|
618611,62
|
650285,89
|
2434968,60
|
||
b. Mesin dan Perlengkapan Dalam Negeri
|
6530,18
|
6884,33
|
7292,43
|
7065,85
|
27772,77
|
||
c. Mesin dan Perlengkapan Luar Negeri
|
57010,38
|
62047,07
|
65951,01
|
71161,06
|
256169,52
|
||
d. Alat Angkutan Dalam Negeri
|
5581,97
|
5543,80
|
5463,96
|
5901,39
|
22491,11
|
||
e. Alat Angkutan Luar Negeri
|
16962,16
|
18879,27
|
19234,43
|
16947,99
|
72023,85
|
||
f. Lainnya Dalam Negeri
|
9547,85
|
10652,62
|
10077,87
|
11519,59
|
41797,93
|
||
g. Lainnya Luar Negeri
|
4405,10
|
5304,57
|
5736,94
|
5582,76
|
21029,37
|
||
4
|
a. Perubahan Inventori
|
73132,97
|
90040,07
|
25095,84
|
-8490,80
|
179778,08
|
|
b. Diskrepansi Statistik 1)
|
82177,95
|
56378,04
|
123443,78
|
48914,08
|
310913,85
|
||
5
|
Ekspor Barang dan Jasa
|
502040,97
|
511648,27
|
528541,85
|
614577,51
|
2156808,60
|
|
a. Barang
|
452022,04
|
460976,66
|
472778,82
|
549843,73
|
1935621,24
|
||
b. Jasa
|
50018,93
|
50671,61
|
55763,03
|
64733,78
|
221187,36
|
||
6
|
Dikurangi Impor Barang dan Jasa
|
525074,09
|
569465,57
|
581282,07
|
662296,92
|
2338118,65
|
|
a. Barang
|
444574,09
|
478852,77
|
490449,57
|
552838,72
|
1966715,15
|
||
b. Jasa
|
80500,00
|
90612,80
|
90832,50
|
109458,20
|
371403,50
|
||
7
|
PRODUK DOMESTIK BRUTO
|
2143671,80
|
2212723,70
|
2359648,00
|
2367928,70
|
9083972,20
|
|
8
|
Pendapatan Neto Terhadap Luar Negeri
|
-60535,29
|
-69574,99
|
-73725,57
|
-77260,90
|
-281096,76
|
|
Atas Faktor Produksi
|
|||||||
a. Pendapatan Dari Luar Negeri
|
7861,26
|
5894,02
|
4848,04
|
4625,05
|
23228,36
|
||
b. Pendapatan Ke Luar Negeri
|
68396,55
|
75469,01
|
78573,61
|
81885,95
|
304325,12
|
||
9
|
PRODUK NASIONAL BRUTO
|
2083136,51
|
2143148,71
|
2285922,43
|
2290667,80
|
8802875,44
|
|
10
|
Dikurangi Pajak Tidak Langsung Neto (a-b)
|
98975,61
|
21361,26
|
76141,38
|
74633,41
|
271111,66
|
|
a. Pajak Tidak Langsung
|
122467,25
|
143769,34
|
152648,31
|
181757,04
|
600641,93
|
||
b. Subsidi
|
23491,64
|
122408,08
|
76506,93
|
107123,63
|
329530,27
|
||
11
|
Dikurangi Penyusutan
|
107183,59
|
110636,19
|
117982,40
|
118396,44
|
454198,61
|
|
12
|
PENDAPATAN NASIONAL
|
1876977,31
|
2011151,26
|
2091798,65
|
2097637,96
|
8077565,18
|
|
*** Angka sangat sangat sementara
|
|||||||
1) Selisih antara PDB Lap. Usaha dan
Pengeluaran
|
|||||||
Jenis Pengeluaran
|
2012**
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1
|
Pengeluaran Konsumsi Rumahtangga
|
1072083,60
|
1097070,40
|
1152845,80
|
1174373,60
|
4496373,40
|
|
a. Makanan
|
508027,40
|
521845,10
|
552292,40
|
559049,80
|
2141214,70
|
||
b. Bukan Makanan
|
564056,20
|
575225,30
|
600553,40
|
615323,80
|
2355158,70
|
||
2
|
Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (a+b-c)
|
138166,84
|
186143,46
|
175661,04
|
233298,04
|
733269,38
|
|
a. Belanja Barang
|
48428,34
|
73231,95
|
74492,46
|
128297,48
|
324450,22
|
||
b. Belanja Pegawai + Penyusutan (NTB)
|
105925,28
|
128936,09
|
118476,81
|
132976,95
|
486315,12
|
||
c. Penerimaan Barang dan Jasa
|
16186,78
|
16024,58
|
17308,23
|
27976,38
|
77495,97
|
||
3
|
Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto
|
619865,19
|
661298,26
|
691322,13
|
716397,95
|
2688883,53
|
|
a. Bangunan
|
524895,54
|
554155,87
|
582263,21
|
605709,11
|
2267023,73
|
||
b. Mesin dan Perlengkapan Dalam Negeri
|
6404,23
|
6469,56
|
6408,18
|
6375,64
|
25657,61
|
||
c. Mesin dan Perlengkapan Luar Negeri
|
54941,60
|
61873,12
|
63620,32
|
64425,19
|
244860,23
|
||
d. Alat Angkutan Dalam Negeri
|
4498,80
|
4958,91
|
4906,26
|
5002,13
|
19366,10
|
||
e. Alat Angkutan Luar Negeri
|
17188,37
|
20722,16
|
20103,74
|
20793,93
|
78808,20
|
||
f. Lainnya Dalam Negeri
|
7528,90
|
7960,78
|
8915,02
|
9385,30
|
33790,00
|
||
g. Lainnya Luar Negeri
|
4407,75
|
5157,87
|
5105,39
|
4706,65
|
19377,67
|
||
4
|
a. Perubahan Inventori
|
86238,22
|
67295,30
|
21845,20
|
-5069,11
|
170309,60
|
|
b. Diskrepansi Statistik 1)
|
53575,53
|
80775,18
|
88444,13
|
46280,13
|
269074,96
|
||
5
|
Ekspor Barang dan Jasa
|
491164,53
|
501518,40
|
492198,50
|
514372,60
|
1999254,03
|
|
a. Barang
|
448652,03
|
458449,80
|
449218,10
|
463467,40
|
1819787,33
|
||
b. Jasa
|
42512,50
|
43068,60
|
42980,40
|
50905,20
|
179466,70
|
||
6
|
Dikurangi Impor Barang dan Jasa
|
488155,20
|
546353,20
|
505943,00
|
587274,10
|
2127725,50
|
|
a. Barang
|
412985,10
|
466204,30
|
429364,40
|
494423,20
|
1802977,00
|
||
b. Jasa
|
75170,10
|
80148,90
|
76578,60
|
92850,90
|
324748,50
|
||
7
|
PRODUK DOMESTIK BRUTO
|
1972938,70
|
2047747,80
|
2116373,80
|
2092379,10
|
8229439,40
|
|
8
|
Pendapatan Neto Terhadap Luar Negeri
|
-52847,15
|
-63990,45
|
-62870,18
|
-63485,17
|
-243192,95
|
|
Atas Faktor Produksi
|
|||||||
a. Pendapatan Dari Luar Negeri
|
6888,11
|
7253,77
|
7574,25
|
6829,54
|
28545,67
|
||
b. Pendapatan Ke Luar Negeri
|
59735,26
|
71244,23
|
70444,43
|
70314,72
|
271738,63
|
||
9
|
PRODUK NASIONAL BRUTO
|
1920091,55
|
1983757,35
|
2053503,62
|
2028893,93
|
7986246,45
|
|
10
|
Dikurangi Pajak Tidak Langsung Neto (a-b)
|
101310,99
|
8204,61
|
82247,30
|
-145326,45
|
46436,46
|
|
a. Pajak Tidak Langsung
|
109199,99
|
129145,94
|
130863,10
|
19570,42
|
388779,45
|
||
b. Subsidi
|
7889,00
|
120941,33
|
48615,80
|
164896,87
|
342342,99
|
||
11
|
Dikurangi Penyusutan
|
98646,94
|
102387,39
|
105818,69
|
104618,96
|
411471,97
|
|
12
|
PENDAPATAN NASIONAL
|
1720133,62
|
1873165,34
|
1865437,63
|
2069601,42
|
7528338,02
|
|
** Angka sangat sementara
|
|||||||
1) Selisih antara PDB Lap. Usaha dan
Pengeluaran
|
|||||||
Jenis Pengeluaran
|
2011*
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1
|
Pengeluaran Konsumsi Rumahtangga
|
964390,30
|
983673,20
|
1042226,20
|
1063073,90
|
4053363,60
|
|
a. Makanan
|
461614,90
|
465855,00
|
494238,10
|
504457,80
|
1926165,80
|
||
b. Bukan Makanan
|
502775,40
|
517818,20
|
547988,10
|
558616,10
|
2127197,80
|
||
2
|
Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (a+b-c)
|
118708,62
|
149738,56
|
176424,95
|
224128,46
|
669000,58
|
|
a. Belanja Barang
|
39144,70
|
63674,62
|
73920,85
|
129180,66
|
305920,84
|
||
b. Belanja Pegawai + Penyusutan (NTB)
|
92029,77
|
101741,04
|
118927,28
|
120672,74
|
433370,83
|
||
c. Penerimaan Barang dan Jasa
|
12465,85
|
15677,11
|
16423,18
|
25724,94
|
70291,09
|
||
3
|
Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto
|
541890,10
|
571980,59
|
610433,12
|
645969,14
|
2370272,96
|
|
a. Bangunan
|
464447,74
|
492046,69
|
520855,29
|
545077,99
|
2022427,72
|
||
b. Mesin dan Perlengkapan Dalam Negeri
|
6086,92
|
6118,95
|
6147,18
|
5943,87
|
24296,92
|
||
c. Mesin dan Perlengkapan Luar Negeri
|
43957,07
|
45926,00
|
52189,13
|
59213,38
|
201285,58
|
||
d. Alat Angkutan Dalam Negeri
|
3874,42
|
3748,13
|
4028,01
|
3559,78
|
15210,34
|
||
e. Alat Angkutan Luar Negeri
|
12611,08
|
12616,87
|
15549,68
|
19682,98
|
60460,61
|
||
f. Lainnya Dalam Negeri
|
7500,56
|
7911,92
|
7751,50
|
7413,25
|
30577,24
|
||
g. Lainnya Luar Negeri
|
3412,31
|
3612,03
|
3912,32
|
5077,89
|
16014,56
|
||
4
|
a. Perubahan Inventori
|
33510,78
|
31533,80
|
25527,69
|
-19798,11
|
70774,16
|
|
b. Diskrepansi Statistik 1)
|
54654,50
|
45489,65
|
47831,84
|
3049,20
|
151025,20
|
||
5
|
Ekspor Barang dan Jasa
|
442141,80
|
495041,10
|
506434,20
|
512203,90
|
1955821,00
|
|
a. Barang
|
407855,30
|
460667,00
|
465140,70
|
466364,80
|
1800027,80
|
||
b. Jasa
|
34286,50
|
34374,10
|
41293,50
|
45839,10
|
155793,20
|
||
6
|
Dikurangi Impor Barang dan Jasa
|
405909,20
|
454983,60
|
479871,80
|
510305,80
|
1851070,40
|
|
a. Barang
|
339801,60
|
384936,40
|
405792,20
|
427934,00
|
1558464,20
|
||
b. Jasa
|
66107,60
|
70047,20
|
74079,60
|
82371,80
|
292606,20
|
||
7
|
PRODUK DOMESTIK BRUTO
|
1749386,90
|
1822473,30
|
1929006,20
|
1918320,70
|
7419187,10
|
|
8
|
Pendapatan Neto Terhadap Luar Negeri
|
-44750,17
|
-55551,22
|
-65470,02
|
-51121,29
|
-216892,69
|
|
Atas Faktor Produksi
|
|||||||
a. Pendapatan Dari Luar Negeri
|
6724,14
|
6915,63
|
7025,97
|
6928,70
|
27594,43
|
||
b. Pendapatan Ke Luar Negeri
|
51474,31
|
62466,85
|
72495,98
|
58049,99
|
244487,12
|
||
9
|
PRODUK NASIONAL BRUTO
|
1704636,73
|
1766922,08
|
1863536,18
|
1867199,41
|
7202294,41
|
|
10
|
Dikurangi Pajak Tidak Langsung Neto (a-b)
|
65861,30
|
71217,40
|
40833,09
|
1813,54
|
179725,32
|
|
a. Pajak Tidak Langsung
|
90615,00
|
100750,90
|
118105,35
|
143679,88
|
453151,13
|
||
b. Subsidi
|
24753,70
|
29533,50
|
77272,27
|
141866,34
|
273425,81
|
||
11
|
Dikurangi Penyusutan
|
87469,35
|
91123,67
|
96450,31
|
95916,04
|
370959,36
|
|
12
|
PENDAPATAN NASIONAL
|
1551306,09
|
1604581,02
|
1726252,79
|
1769469,84
|
6651609,73
|
|
*Angka sementara
|
|||||||
1) Selisih antara PDB Lap. Usaha dan
Pengeluaran
|
|||||||
Jenis Pengeluaran
|
2010
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1
|
Pengeluaran Konsumsi Rumahtangga
|
865662,81
|
891163,77
|
936136,33
|
950462,12
|
3643425,03
|
|
a. Makanan
|
407740,09
|
423153,39
|
447143,44
|
455764,44
|
1733801,36
|
||
b. Bukan Makanan
|
457922,72
|
468010,38
|
488992,89
|
494697,68
|
1909623,66
|
||
2
|
Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (a+b-c)
|
100512,71
|
136124,19
|
148125,93
|
202520,04
|
587282,86
|
|
a. Belanja Barang
|
37807,05
|
58467,76
|
72924,56
|
112505,35
|
281704,71
|
||
b. Belanja Pegawai + Penyusutan (NTB)
|
71297,47
|
93104,50
|
91510,42
|
103928,48
|
359840,87
|
||
c. Penerimaan Barang dan Jasa
|
8591,81
|
15448,08
|
16309,05
|
13913,79
|
54262,72
|
||
3
|
Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto
|
468941,81
|
498150,57
|
542283,00
|
555618,72
|
2064994,10
|
|
a. Bangunan
|
404030,94
|
431022,89
|
462914,10
|
475763,01
|
1773730,95
|
||
b. Mesin dan Perlengkapan Dalam Negeri
|
5830,82
|
5875,07
|
6110,96
|
6199,03
|
24015,87
|
||
c. Mesin dan Perlengkapan Luar Negeri
|
33483,77
|
35521,02
|
44099,64
|
45562,13
|
158666,55
|
||
d. Alat Angkutan Dalam Negeri
|
3345,29
|
3521,63
|
3607,98
|
3724,57
|
14199,47
|
||
e. Alat Angkutan Luar Negeri
|
11639,85
|
11581,77
|
14271,87
|
12893,58
|
50387,07
|
||
f. Lainnya Dalam Negeri
|
6921,97
|
7124,87
|
7225,11
|
7428,97
|
28700,93
|
||
g. Lainnya Luar Negeri
|
3689,18
|
3503,32
|
4053,35
|
4047,43
|
15293,27
|
||
4
|
a. Perubahan Inventori
|
13201,78
|
15501,60
|
20408,94
|
-30747,90
|
18364,42
|
|
b. Diskrepansi Statistik 1)
|
24115,50
|
28868,27
|
16956,70
|
-45208,48
|
24731,99
|
||
5
|
Ekspor Barang dan Jasa
|
363104,80
|
374567,60
|
384924,90
|
462076,50
|
1584673,80
|
|
a. Barang
|
333159,00
|
341149,20
|
349135,40
|
424480,30
|
1447923,90
|
||
b. Jasa
|
29945,80
|
33418,40
|
35789,50
|
37596,20
|
136749,90
|
||
6
|
Dikurangi Impor Barang dan Jasa
|
329682,40
|
355528,30
|
378268,70
|
413140,90
|
1476620,30
|
|
a. Barang
|
265597,30
|
286409,00
|
304870,70
|
336184,80
|
1193061,80
|
||
b. Jasa
|
64085,10
|
69119,30
|
73398,00
|
76956,10
|
283558,50
|
||
7
|
PRODUK DOMESTIK BRUTO
|
1505857,00
|
1588847,70
|
1670567,10
|
1681580,10
|
6446851,90
|
|
8
|
Pendapatan Neto Terhadap Luar Negeri
|
-43415,83
|
-46224,40
|
-45382,73
|
-45945,93
|
-180968,89
|
|
Atas Faktor Produksi
|
|||||||
a. Pendapatan Dari Luar Negeri
|
6470,07
|
6539,06
|
6627,10
|
6789,93
|
26426,15
|
||
b. Pendapatan Ke Luar Negeri
|
49885,90
|
52763,46
|
52009,83
|
52735,86
|
207395,04
|
||
9
|
PRODUK NASIONAL BRUTO
|
1462441,17
|
1542623,30
|
1625184,38
|
1635634,17
|
6265883,01
|
|
10
|
Dikurangi Pajak Tidak Langsung Neto (a-b)
|
74234,88
|
34754,27
|
55753,85
|
60450,55
|
225193,56
|
|
a. Pajak Tidak Langsung
|
74234,88
|
86386,82
|
89523,12
|
136963,95
|
387108,77
|
||
b. Subsidi
|
0,00
|
51632,55
|
33769,27
|
76513,40
|
161915,21
|
||
11
|
Dikurangi Penyusutan
|
75292,85
|
79442,38
|
83528,36
|
84079,01
|
322342,60
|
|
12
|
PENDAPATAN NASIONAL
|
1312913,44
|
1428426,65
|
1485902,17
|
1491104,61
|
5718346,86
|
|
1) Selisih antara PDB Lap. Usaha dan
Pengeluaran
|
|||||||
2.2
Peranan
Sektor Industri dan Jasa dalam Keberhasilan Pembangunan Ekonomi
2.2.1
Pengertian industri dan
Pembangunan Ekonomi
Industri mempunyai dua arti, yang pertama dapat berarti himpunan
perusahaan-perusahaan sejenis. Misalnya industri kosmetik yang berarti himpunan
perusahaan-perusahaan penghasil produk-produk kosmetik. Kedua, industri dapat
pula merujuk kesuatu sektor ekonomi yang didalamnya terdapat kegiatan produktif
yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Pembangunan
ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur
dan corak kegiatan ekonomi.
2.2.2
Peranan Industri dalam
Pembangunan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi suatu bangsa merupakan pilar penting bagi
terselenggaranya proses pembangunan di segala bidang. Karena jika pembangunan
ekonomi suatu bangsa berhasil, maka bidang-bidang lain seperti bidang hukum,
politik, pertanian, dan lain-lain akan sangat terbantu. Suatu masyarakat yang
pembangunan ekonominya berhasil ditandai dengan tingginya pendapatan perkapita
masyarakat negara tersebut. Dengan tingginya pendapatan perkapita masyarakat,
maka negara dan masyarakat akan dapat lebih leluasa dalam menjalankan berbagai
aktivitas pada berbagai bidang yang lain. Sektor Industri merupakan salah satu
sektor yang berperan penting dalam pembangunan nasional. Kontribusi sektor Industri
terhadap pembangunan nasional dari tahun ke tahun menunjukkan kontribusi yang
signifikan. Peranan Sektor Industri dalam Pembangunan Ekonomi Nasional dapat
ditelusuri dari kontribusi masing-masing subsektor terhadap Laju Pertumbuhan
Ekonomi Nasional atau terhadap produk domestik bruto. Pada beberapa negara yang
tergolong maju, peranan sektor industri lebih dominan dibandingkan dengan
sektor pertanian. Sektor industri memegang peran kunci sebagai mesin
pembangunan karena sektor industri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan
sektor lain karena nilai kapitalisasi modal yang tertanam sangat besar,
kemampuan menyerap tenaga kerja yang besar, juga kemampuan menciptakan nilai
tambah (value added creation) dari setiap input atau bahan dasar yang
diolah. Pada negara-negara berkembang, peranan sektor industri juga menunjukkan
kontribusi yang semakin tinggi. Kontribusi yang semakin tinggi dari sektor
industri menyebabkan perubahan struktur perekonomian negara yang bersangkutan
secara perlahan ataupun cepat dari sektor pertanian ke sektor industri. Peranan
sektor industri dalam pembangunan ekonomi di berbagai negara sangat penting
karena sektor industri memiliki beberapa keunggulan dalam hal akselerasi
pembangunan. Keunggulan-keunggulan sektor industri tersebut diantaranya
memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mampu menciptakan nilai
tambah (value added) yang lebih tinggi pada berbagai komoditas yang
dihasilkan.
2.1.3
Data Industri
Sektor Industri diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian
nasional dan telah menempatkan industri manufaktur sebagai penghela sektor
rill. Hal ini dapat dipahami mengingat berbagai kekayaan sumber daya alam kita
yang memiliki keunggulan komparatif berupa produk primer, perlu diolah menjadi
produk industri untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih tinggi. Sesuai dengan
tahapan perkembangan negara kita, sudah saatnya kita melakukan pergeseran
andalan sektor ekonomi kita dari industri primer ke industri sekunder,
khususnya industri manufaktur nonmigas. Membangun sektor industri pada era
globalisasi tentu membutuhkan strategi yang tepat dan konsisten, sehingga dapat
mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing baik di pasar domestik
maupun di pasar global, yang pada gilirannya mampu mendorong tumbuhnya perekonomian,
menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan akhirnya
mengurangi kemiskinan. Sektor industri yang berkembang sampai saat ini ternyata
masih didominasi oleh industri padat tenaga kerja, yang biasanya memiliki mata
rantai relatif pendek, sehingga penciptaan nilai tambah juga relatif kecil.
Akan tetapi karena besarnya populasi unit usaha maka kontribusi terhadap
perekonomian tetap besar. Terdapat tiga unsur pelaku ekonomi yang mendukung
perkembangan sektor industri, yaitu Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS ), Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) dan pengusaha kecil / menengah, serta koperasi ( PKMK
).
2.1.4
Peranan Jasa Dalam Perekonomian
Sektor jasa dapat dikelompokkan dalam beberapa
bidang jasa, antara lain :
1.
Jasa di bidang bisnis (business services),
Seperti konsultasi jasa-jasa keuangan dan perbankan.
2. Jasa di bidang perdagangan (distribution
services), seperti jasa-jasa perdagangan eceran, grosir, jasa-jasa pemeliharaan
dan perbaikan.
3. Jasa di bidang infrastruktur
(infrastructure services), seperti jasa-jasa komunikasi dan transportasi.
4. Jasa untuk kepentingan social dan
pribadi (social and personal services), seperti rumah sakit, restoran, dan
salon kecantikan.
5.
Jasa administrasi pemerintah (government
service), seperti jasa-jasa pendidikan dan pemerintahan (militer, polisi,
pengadilan).
6.
Jasa pariwisata
Sejarah perkembangan
sector jasa dalam perekonomian atau evolusi ekonomi terdiri dari 5 tahap dengan
bidang-bidang ekonomi di masing-masing tahap yaitu :
1. Tahap
Pertama (Primary)
(Extractive)
Pertanian, pertambangan, perikanan, perhutanan
2. Tahap
Kedua (secondary)
(Goods-Producing)
Manufaktur (pembuatan) barang, pemrosesan barang
3. Tahap
ketiga (tertiary)
(Domestic
services) Restoran dan hotel, salon kecantikan, jasa cuci pakaian, jasa
pemeliharaan dan perbaikan
4. Tahap
keempat (quatemary)
(Trade
and commerce service) Transportasi, jasa eceran, jasa komunikasi, keuangan dan
asuransi, perumahan, dan pemerintahan
5. Tahap
kelima (quinary)
(Refining
and extending human capacity) Kesehatan, pendidikan, penelitian, rekreasi dan
seni
Kegiatan di sektor jasa
dimulai pada tahap ketiga yaitu kegiatan jasa di bidang perhotelan dan
restoran. Pada tahap-tahap selanjutnya, terlihat perkembangan sector jasa yang
semakin mendominasi sector-sektor lainnya yang juga mencerminkan kualitas hidup
masyarakat yang lebih baik. Di samping meningkatnya bisnis jasa seiring dengan
meningkatnya peranan sektor-sektor lain dalam perekonomian, dampak dari evolusi
ekonomi juga akan terasa pada perubahan pergerakan tenaga kerja masyarakat. Secara
global, perkembangan industry jasa dapat diukur dari jumlah tenaga kerja yang
bekerja pada sektor jasa dan bisa juga diukur dari berapa besar kontribusi
sector jasa dalam produk domestik bruto. Perkembangan Bisnis Jasa Di Indonesia Industry
jasa di Indonesia telah memberikan kontribusi yang cukup baik bagi perekonomian
Indonesia, di mana setiap tahun terlihat peningkatan jumlah pendapatan dari sektor
ini. Konsekuensinya, tenaga Indonesia yang bekerja di sector jasa juga sudah
cukup besar, yaitu >43.4%, yang melebihi tenaga yang bekerja di sektor
industry yang hanya 12.6% dan yang hampir sama dengan tenaga kerja yang bekerja
di sector pertanian, yaitu 44%, meskipun selama ini Negara Indonesia terkenal
dengan Negara pertanian (agraris). Peranan Manajer Jasa Keberhasilan sektor
jasa bergantung pada kemampuan yang dimiliki oleh manajer di bidang ini untuk
selalu menemukan inovasi dan mengelola keahliannya agar senantiasa dapat
meningkatkan kualitas dan produktifitasnya. Para manajer juga harus
memperhatikan beberapa hal berikut agar kegiatannya dapat berjalan dengan baik
yaitu :
1. Penemuan
baru di bidang teknologi (innovation)
2. Tantangan
dari perubahan masyarakat
Terdapat
tiga perubahan dalam kebiasaan masyarakat yang sangat mempengaruhi bisnis jasa,
yaitu,
a. Perubahan
dalan sruktur usia (aging population)
b. Semakin
banyak jumlah suami-istri yang bekerja (two income families)
c. Meningkatnya
jumlah orang yang hidup sendiri (single people)
3. Pengaruh
dari skala ekonomi dan ruang lingkup ekonomi (economies of scale and economies
of scope)
4. Komplesitas
dan persaingan internasional (complexity and international competitiveness)
2.3
Laju
Inflasi dalam Keberhasilan Pembangunan Ekonomi
Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum
dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat
disebabkan oleh berbagai faktor antara lain, konsumsi masyarakat yang
meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan
spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi
barang.
Inflasi dapat digolongkan menjadi empat golongan,
yaitu inflasi ringan, sedang, berat, dan hiperinflasi. Inflasi ringan terjadi
apabila kenaikan harga berada di bawah angka 10% setahun; inflasi sedang antara
10%—30% setahun; berat antara 30%—100% setahun; dan hiperinflasi atau inflasi
tak terkendali terjadi apabila kenaikan harga berada di atas 100% setahun. Inflasi
dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu :
1. Tarikan
permintaan (kelebihan likuiditas/uang/alat tukar)
Lebih
dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan moneter (Bank Sentral) yang
terjadi karena suatu kenaikan dalam permintaan total sewaktu perekonomian yang
bersangkutan dalam situasi full employment dimanana biasanya lebih
disebabkan oleh rangsangan volume likuiditas dipasar yang berlebihan.
Membanjirnya likuiditas di pasar juga disebabkan oleh banyak faktor selain yang
utama tentunya kemampuan bank sentral dalam mengatur peredaran jumlah uang,
kebijakan suku bunga bank sentral, sampai dengan aksi spekulasi yang terjadi di
sektor industri keuangan.
2. Desakan
(tekanan) produksi dan/atau distribusi (kurangnya produksi (product or service)
dan/atau juga termasuk kurangnya distribusi)
Lebih
dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan eksekutor yang dalam hal ini
dipegang oleh Pemerintah (Government) seperti fiskal (perpajakan/pungutan/insentif/disinsentif),
kebijakan pembangunan infrastruktur, regulasi, dll yang terjadi akibat adanya
kelangkaan produksi dan/atau juga termasuk adanya kelangkaan distribusi, walau
permintaan secara umum tidak ada perubahan yang meningkat secara signifikan.
Berdasarkan asalnya, inflasi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu inflasi
yang berasal dari dalam negeri dan inflasi yang berasal dari luar negeri.
Inflasi berasal dari dalam negeri misalnya terjadi akibat terjadinya defisit
anggaran belanja yang dibiayai dengan cara mencetak uang baru dan gagalnya
pasar yang berakibat harga bahan makanan menjadi mahal. Sementara itu, inflasi
dari luar negeri adalah inflasi yang terjadi sebagai akibat naiknya harga
barang impor. Hal ini bisa terjadi akibat biaya produksi barang di luar negeri
tinggi atau adanya kenaikan tarif impor barang. Inflasi juga dapat dibagi
berdasarkan besarnya cakupan pengaruh terhadap harga. Jika kenaikan harga yang
terjadi hanya berkaitan dengan satu atau dua barang tertentu, inflasi itu
disebut inflasi tertutup (Closed Inflation). Namun, apabila
kenaikan harga terjadi pada semua barang secara umum, maka inflasi itu disebut
sebagai inflasi terbuka (Open Inflation). Sedangkan apabila
serangan inflasi demikian hebatnya sehingga setiap saat harga-harga terus
berubah dan meningkat sehingga orang tidak dapat menahan uang lebih lama
disebabkan nilai uang terus merosot disebut inflasi yang tidak terkendali (Hiperinflasi).
Inflasi diukur dengan menghitung perubahan tingkat persentase perubahan
sebuah indeks harga. Indeks harga tersebut di antaranya :
1.
Indeks harga konsumen (IHK) atau consumer price
index (CPI), adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang
tertentu yang dibeli oleh konsumen.
2.
Indeks biaya hidup atau cost-of-living index
(COLI).
3.
Indeks harga produsen adalah indeks yang mengukur
harga rata-rata dari barang-barang yang dibutuhkan produsen untuk melakukan
proses produksi.
4.
Indeks harga komoditas adalah indeks yang mengukur harga
dari komoditas-komoditas tertentu.
5.
Indeks harga barang-barang modal.
6.
Deflator PDB menunjukkan besarnya perubahan harga dari
semua barang baru, barang produksi lokal, barang jadi, dan jasa.
Inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif tergantung parah atau
tidaknya inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang
positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan
pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan
mengadakan investasi. Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada
saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan perekonomian
menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat
kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat
dengan cepat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau
karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi
harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke
waktu.
Bank sentral merupakan peranan penting dalam mengendalikan inflasi. Bank
sentral suatu negara pada umumnya berusaha mengendalikan tingkat inflasi pada
tingkat yang wajar. Beberapa bank sentral bahkan memiliki kewenangan yang
independen dalam artian bahwa kebijakannya tidak boleh diintervensi oleh pihak
di luar bank sentral termasuk pemerintah. Bank sentral umumnya mengandalkan
jumlah uang beredar dan/atau tingkat suku bunga sebagai instrumen dalam
mengendalikan harga. Selain itu, bank sentral juga berkewajiban mengendalikan
tingkat nilai tukar mata uang domestik. Hal ini disebabkan karena nilai sebuah
mata uang dapat bersifat internal (dicerminkan oleh tingkat inflasi) maupun
eksternal (kurs). Saat ini pola inflation
targeting banyak diterapkan oleh bank sentral di seluruh dunia, termasuk
oleh Bank Indonesia.
2.4 Suku Bunga dalam Keberhasilan Pembangunan Ekonomi
Bunga
adalah imbal jasa atas pinjaman uang. Imbal jasa ini merupakan suatu kompensasi
kepada pemberi pinjaman atas manfaat kedepan dari uang pinjaman tersebut
apabila diinvestasikan. Jumlah pinjaman tersebut disebut "pokok
utang" (principal). Persentase dari pokok utang yang dibayarkan
sebagai imbal jasa ( bunga ) dalam suatu periode tertentu disebut "suku bunga”. Jenis bunga di bagi
menjadi 3, yaitu :
1. Bunga sederhana merupakan hasil dari
pokok utang, suku bunga per periode, dan lamanya waktu peminjaman.
2. Bunga berbunga atau disebut juga bunga majemuk merupakan nilai pokok
utang ini akan berubah terus setiap akhir suatu periode dengan penambahan
perhitungan bunga.
3.
Suku
bunga tetap dan mengambang
Suku
bunga tetap adalah suku bunga pinjaman tersebut tidak berubah sepanjang masa
kredit. Sedangkan suku bunga mengambang adalah suku bunga yang berubah-ubah
selama masa kredit berlangsung dengan mengikuti suatu kurs referensi tertentu.
2.5
Kesempatan
Kerja di Indonesia dalam Keberhasilan Pembangunan Ekonomi
Keberhasilan
pembangunan tidak hanya dinilai dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi tetapi
juga harus dilihat dari keberhasilan dalam mengurangi tingkat ketimpangan
pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu keberhasilan pembangunan
juga diukur dari tingkat keberhasilan mengurangi jumlah jumlah penduduk miskin
serta keberhasilan dalam upaya menciptakan lapangan kerja atau kesempatan kerja
dan meningkatkan tingkat partisipasi angkatan kerja. Kesempatan kerja merupakan
peluang bagi angkatan kerja yang menganggur untuk mendapatkan pekerjaan yang
berarti pula peluang atau kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Keadaan tenaga kerja dan kesempatan
kerja di Indonesia ditandai oleh adanya beberapa masalah pokok yang bersifat struktural.
Masih tingginya tingkat pertumbuhan penduduk berarti masih tetap tinggi pula
pertumbuhan angkatan kerja. Diperkirakan
pertumbuhan angkatan kerja lebih tinggi daripada pertumbuhan penduduk oleh karena struktur umur penduduk yang relatif muda. Hal ini berarti banyak tenaga kerja
yang berusia muda dan umumnya kurang
atau belum trampil dan kurang pengalaman.
Selain itu masalah ketenagakerjaan juga ditandai oleh adanya kekurangan seimbangan penyebaran tenaga kerja bila dikaitkan dengan sumber alam yang
tersedia. Sebagian besar tenaga kerja Indonesia berada di Pulau Jawa yang
merupakan bagian yang kecil dari seluruh wilayah Indonesia. Di lain pihak pasar
kerja belum berfungsi dengan baik dalam menyebarkan tenaga kerja dari daerah
yang kelebihan tenaga kerja ke daerah yang kekurangan tenaga kerja. Adanya kelebihan
tenaga kerja secara umum dan belum terserapnya seluruh tenaga kerja yang
tersedia, menimbulkan masalah lain pada bidang perburuhan seperti kurang
layaknya syarat kerja dan kondisi kerja.
Dalam rangka
mengatasi masalah ketenagakerjaan, pemerintah
harus menempuh kebijaksanaan dan langkah-langkah yang bersifat menyeluruh. Sasaran yang ingin dicapai
adalah perluasan kesempatan kerja
produktif, pemerataan kegiatan dan pemerataan
hasil pembangunan. Dalam hubungan ini telah dirumuskan empat bentuk kebijaksanaan. Pertama, kebijaksanaan umum di bidang ekonomi dan sosial. Di bidang
ekonomi, kebijaksanaan mencakup
kebijaksanaan fiskal ketenagakerjaan, moneter dan investasi. Di bidang sosial diadakan kebijaksanaan kependudukan yang bertujuan mewujudkan masyarakat
berkeluarga kecil yang sejahtera. Kedua, kebijaksanaan
sektoral di berbagai sektor mengusahakan terciptanya perluasan
kesempatan kerja berikut peningkatan produksi. Ketiga, kebijaksanaan
daerah berupa pengerahan tenaga kerja dari
daerah yang kelebihan ke daerah yang
membutuhkan. Keempat, kebijaksanaan khusus yang
secara langsung dan tidak langsung menyediakan lapangan kerja untuk waktu yang relatif pendek bagi kelompok masyarakat berpendapatan
rendah. Berikut perkembangan kesempatan kerja di Indonesia dari tahun
1989-2007 dapat dilihat pada tabel IV-2 berikut ini.
Tabel IV-2
Perkembangan
Kesempatan Kerja di Indonesia
Tahun 1989-2007
Tahun
|
Kesempatan Kerja
(Jiwa)
|
1989
1990
1991
1992
1993
1994
1995
1996
1997
1998
1999
2000
2001
2002
2003
2004
2005
2006
2007
|
73.908.204
71.570.000
76.423.179
79.200.542
80.101.016
82.038.100
80.110.060
85.701.813
87.049.756
87.672.449
88.816.859
89.837.730
93.722.036
91.647.166
90.784.917
93.722.036
94.948.118
95.647.497
|
Sumber : BPS Provinsi
Nanggroe Aceh Darussalam (diolah)
BAB
III
KESIMPULAN
Pendapatan perkapita yang merupakan gambaran tentang
laju pertumbuhan kesejahteraan masyarakat dan juga dapat menggambarkan
perubahan corak perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat yang sudah terjadi
diantara berbagai negara. Di Indonesia pendapatan perkapita dari tahun 2010 s/d
2013 mengalami kenaikan pendapatan nasional.
Sektor Industri sangat berperan penting dalam pembangunan nasional. Karena peranan
Sektor Industri dalam Pembangunan Ekonomi Nasional dapat ditelusuri dari
kontribusi masing-masing subsektor terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi Nasional
atau terhadap produk domestik bruto. Sektor industri memegang peran kunci
sebagai mesin pembangunan karena sektor industri memiliki beberapa keunggulan
dibandingkan sektor lain karena nilai kapitalisasi modal yang tertanam sangat
besar, kemampuan menyerap tenaga kerja yang besar, juga kemampuan menciptakan
nilai tambah (value added creation) dari setiap input atau bahan dasar
yang diolah. Di samping meningkatnya bisnis jasa seiring
dengan meningkatnya peranan sektor-sektor lain dalam perekonomian, dampak dari
evolusi ekonomi juga akan terasa pada perubahan pergerakan tenaga kerja
masyarakat. Secara global, perkembangan industry jasa dapat diukur dari jumlah
tenaga kerja yang bekerja pada sektor jasa dan bisa juga diukur dari berapa
besar kontribusi sector jasa dalam produk domestik bruto. Perkembangan Bisnis
Jasa Di Indonesia Industry jasa di Indonesia telah memberikan kontribusi yang
cukup baik bagi perekonomian Indonesia, di mana setiap tahun terlihat
peningkatan jumlah pendapatan dari sektor ini.
Inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif tergantung parah atau
tidaknya inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang
positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan
pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan
mengadakan investasi. Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada
saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan perekonomian
menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat
kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat
dengan cepat.
Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai
imbal jasa ( bunga ) dalam suatu periode tertentu disebut "suku bunga”. Jenis bunga di bagi
menjadi 3 yaitu, Bunga sederhana, Bunga
berbunga atau disebut juga bunga
majemuk, dan Suku bunga tetap dan mengambang.
Keberhasilan pembangunan diukur dari tingkat keberhasilan
mengurangi jumlah jumlah penduduk miskin serta keberhasilan dalam upaya
menciptakan lapangan kerja atau kesempatan kerja dan meningkatkan tingkat
partisipasi angkatan kerja. Keadaan tenaga kerja dan kesempatan kerja di Indonesia ditandai oleh adanya beberapa masalah
pokok yang bersifat struktural.
Masih tingginya tingkat pertumbuhan penduduk berarti masih tetap tinggi pula
pertumbuhan angkatan kerja. Selain itu
masalah ketenagakerjaan juga ditandai oleh adanya kekurangan seimbangan penyebaran tenaga kerja bila dikaitkan dengan sumber alam yang
tersedia.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=11¬ab=38
http://lh3i4r.wordpress.com/2010/05/09/peranan-sektor-industri-dalam-pembangunan-ekonomi-indonesia/
http://brigitalahutung.wordpress.com/2012/10/15/peranan-jasa-dalam-perekonomian/
http://id.wikipedia.org/wiki/Inflasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bunga
http://kuliahitukeren.blogspot.com/2011/07/perkembangan-kesempatan-kerja-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar